Tempat Wisata Populer di Kamboja

Afronta | Tempat Wisata Populer di Kamboja – Bagi sebagian orang Indonesia liburan ke Malaysia atau Singapura mungkin sudah sering dilakukan. Bahkan mungkin sampai semua tempat wisata di negeri tetangga tersebut sudah dijelajahi. Kalau Anda sedang mencari alternatif liburan ke luar negeri yang tidak jauh dari Indonesia mengapa tidak ke Kamboja saja. Tempat wisata populer di Kamboja tidak kalah menarik dari Malaysia dan Singapura.

Tempat-Wisata-Populer-di-Kamnoja

Negara monarki yang juga merupakan anggota ASEAN tersebut memiliki banyak potensi wisata yang belum banyak dieksplorasi. Orang Indonesia sendiri memang masih belum banyak yang menjadikan Kamboja sebagai tujuan untuk liburan. Apa salahnya kalau Anda memulainya agar nantinya bisa menceritakan keindahannya pada sanak saudara. Buatlah mereka merasa iri karena belum pernah ke Kamboja.

Jika Anda berminat sebaiknya ketahui dulu mana saja tempat wisata populer di Kamboja yang layak untuk dikunjungi. Inilah daftarnya.

10 Tempat Wisata Menarik di Kamboja

1. Istana Raja dan Silver Pagoda
Sudah dikatakan sebelumnya bahwa Kamboja merupakan negara monarki dengan sistem kerajaan. Nah, Anda bisa mengunjungi Istana Raja yang memerintah di sana. Di dalam komplek istana tersebut Anda juga akan menemukan pagoda yang lantainya dilapisi perak. Itulah mengapa disebut dengan Silver Pagoda. Luar biasanya lagi setiap ubin perak tersebut berbobot 1 kilogram.

Istana Raja juga tak kalah megahnya dari pagoda. Dengan arsitektur berwarna emas dan patung Budha dalam ukuran besar. Jangan kaget karena patung Budha yang ada di sana dibuat dari emas murni dan berlian. Beratnya mencapai 90 kilogram. Alasan yang masuk akal mengapa ini menjadi tempat wisata populer di Kamboja.

2. Thmey Market
Pasar ini merupakan pusat oleh-oleh dan suvenir khas negara Kamboja. Ada beraneka macam barang yang dijual di Thmey Market tersebut, mirip dengan Jalan Malioboro di Yogyakarta. Suvenir dan oleh-oleh yang ada di sana misalnya baju, sepatu, pernak-pernik aksesoris dan lain sebagainya.

Hampir semua wisatawan yang akan pulang ke negaranya membeli suvenir dari pasar ini. Jadi memang wajar kalau setiap hari kawasan Thmey Market selalu ramai dengan kunjungan turis. Karena banyak koleksi barang dengan harga yang terjangkau dijual di pasar tersebut.

3. Museum Nasional Kamboja
Di ibukota Kamboja yaitu Phonm Phen terdapat sebuah museum nasional dengan warna dinding yang cukup cerah. Di halaman atau luar gedung museum terdapat banyak pepohonan rindang yang cocok dijadikan sebagai spot foto. Museum nasional ini layak disebut sebagai tempat wisata populer di Kamboja karena merupakan yang terbesar dan terlengkap di negara tersebut.

Di dalam museum kita bisa menemukan beragam karya seni yang berasal dari seluruh penjuru Kamboja. Tempat ini memang cocok dikunjungi oleh mereka yang sangat tertarik dengan kesenian.

4. Sihanoukville
Kalau ingin merasakan sensasi Bali di negara Kamboja inilah tempat yang tepat yaitu Sihanoukville. Bisa ditempuh dengan perjalanan selama 4 jam dari Phonm Phen, Sihanoukville adalah kawasan pantai yang indah di Kamboja. Dengan pasir putih yang membentang di beberapa pantai yang akan membuat Anda merasa takjub.

Tempat wisata populer di Kamboja ini memiliki beberapa pantai seperti Long Beach, Independent Beach, Otres Beach, Sokha Beach dan Serendipity Beach. Semuanya menawarkan keindahan yang menawan ala pantai yang ada di Pulai Bali.

5. Angkor Wat
Kuil di Kamboja ini sering dikatakan mirip dengan Candi Prambanan yang ada di Klaten, Jawa Tengah. Angkor Wat namanya. Kuil peninggalan kerajaan Hindu di Kamboja tersebut selalu menjadi tujuan wisata utama bagi para turis. Kuil yang dibangun pada abad 12 ini memiliki luas sekitar 400 km2. Kalau Anda ingin mengelilingi area kuil estimasi waktu yang dibutuhkan bisa mencapai 4 jam.

Keindahan dari kuil Angkor Wat semakin nyata dengan adanya sungai yang tenang di sekelilingnya. Sebagai destinasi utama para turis wajar kalau Angkor Wat menjadi tempat wisata populer di Kamboja. Lokasi dari kuil terkenal tersebut berada sekitar 350 kilometer dari Phonm Phen.

6. Cardomom Mountain
Cardomom Mountain adalah sebuah cagar alam yang berada di Kamboja. Daya tarik dari cagar alam ini adalah satu-satunya wilayah yang berupa gurun pasir di Asia Tenggara. Itulah mengapa pemerintah Kamboja sangat menjaga Cardomom Mountain dari pengrusakan oleh oknum tidak bertanggungjawab. Cardomom Mountain benar-benar sebuah keajaiban alam ciptaan Tuhan di Kamboja.

Cardomom Mountain merupakan tempat wisata populer di Kamboja selain Angkor Wat dan Silver Pagoda. Pemerintah Kamboja sangat bangga dengan ketiga tempat wisata tersebut karena selalu ramai dengan kunjungan turis setiap saat.

7. Moh Ker
Kamboja sebelum resmi menjadi sebuah negara dulunya adalah Kerajaan Khmer. Nah, tempat bernama Moh Ker ini adalah jejak sejarah dari kerajaan tersebut yang masih dijaga hingga saat ini. Menurut sejarah Kerajaan Khmer berkuasa dari 928 hingga 944 Masehi. Moh Ker menjadi favorit para wisatawan untuk mengambil foto.

Latar belakang berupa bangunan yang megah, patung dan kuil menjadi daya tarik tersendiri sebagai spot foto. Meskipun lokasinya cukup jauh dari kota dan cukup terpencil nyatanya Moh Ker bisa menjadi tempat wisata populer di Kamboja. Daya tarik di sana adalah kuil dengan tinggi sekitar 30 meter yang disebut dengan Kuil Piramida.

8. Museum Genoside Tuol Sleng
Kamboja pernah memiliki sejarah yang cukup kelam yaitu pembunuhan massal yang terjadi dari tahun 1975 hingga 1978. Itulah yang menyebabkan Kamboja dijuluki dengan Hell on Earth. Saat itu telah terjadi pembantaian yang memakan korban penduduk Kamboja sebanyak 2 juta jiwa lebih. Pembantaian terjadi saat Kamboja di bawah pimpinan seorang diktator.

Namanya adalah Pot Pot Nah, pemimpin diktator yang melakukan pembantaian serta pembunuhan massal pada rakyatnya sendiri. Jejak kekejaman masa pemerintahan Pot Pot Nah diabadikan dalam Museum Genosida Tuol Sleng. Bagi yang kurang bernyali sebaiknya jangan ke tempat tersebut karena Anda akan melihat banyak tengkorak manusia di museum tersebut.

9. Battambang
Ini adalah tempat wisata populer di Kamboja yang merupakan penghubung antara negara tersebut dengan Thailand. Disebut juga dengan nama Krong Battambang dalam bahasa setempat, di sini Anda akan menemukan beragam transportasi sungai ke Thailand. Beberapa obyek wisata di Battambang antara lain adalah Danau Kamping Puoy, Sak Sak Resort, Phonm Sampov dan juga Prasat Banan.

10. Kratie
Ini adalah sebuah kota yang terletak di tepi Sungai Mekong yang terkenal di Kamboja. Kratie merupakan kota yang menyimpan jejak penjajahan Perancis di negara tersebut. Di Kratie ini Anda bisa melihat banyak bangunan bergaya Perancis yang merupakan peninggalan zaman penjajahan. Suasana klasik akan semakin terasa dengan banyaknya orang melintas dengan naik sepeda.

Sebagai salah satu tempat wisata populer di Kamboja, Kota Kratie bukan hanya menyuguhkan suasana kota tua saja melainkan juga atraksi lumba-lumba. Bukan di kolam buatan melainkan lumba-lumba yang hidup di Sungai Mekong tersebut. Hebatnya lagi ikan lumba-lumba di sana merupakan jenis yang langka yaitu Krawaddy. Mereka hanya hidup di Sungai Mekong, Kamboja.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *