Tempat Wisata Populer di Malaysia

Afronta | Tempat wisata populer di Malaysia cukup banyak dan beragam mulai dari wisata keluarga, bangunan bersejarah, wisata alam hingga taman bermain. Malaysia cukup dekat dengan Indonesia, sehingga dijadikan sebagai tujuan wisata atau berlibur. Selain itu, tiket penerbangannya juga lebih murah daripada ke Eropa dan bahasa yang digunakan cukup familiar/mirip Bahasa Indonesia.

Malaysia Dijuluki Negeri Jiran
Beberapa orang mungkin masih bingung dengan julukan negara Malaysia sebagai negeri Jiran. Lalu apa maksud julukan negeri Jiran untuk negara Malaysia? Jiran, dalam kamus besar bahasa Indonesia artinya tetangga atau orang yang tinggal bersebelahan.

Tempat-Wisata-Populer-di-Malaysia
Foto: world-schools.com

Jadi, masyarakat di Indonesia atau Brunei menyebutnya negeri Jiran karena sangat berdekatan atau bertetangga. Nah, kira-kira seperti itulah penjelasannya, selanjutnya yuk simak beberapa tempat wisata yang ada di Malaysia.

Berikut Ini Tempat Wisata Populer di Malaysia

Berikut ini terdapat 10 pilihan destinasi wisata yang paling populer di Malaysia dan patut Anda kunjungi, antara lain:

1. Menara Kembar Petronas
Menara Kembar Petronas merupakan ikon wisata negara Malaysia dan pernah menjadi menara tertinggi di dunia pada tahun 1998 hingga 2004. Anda juga bisa naik ke atas dan berhenti di lantai 41 dan 42 yang memiliki jembatan penghubung antar dua menara. Tingginya sekitar 170 meter dan Anda bisa melihat kota pemandangan Kuala Lumpur dari ketinggian.

Di sekitar area Menara Kembar Petronas juga ada taman hijau dilengkapi dengan air mancur. Tempat wisata populer di Malaysia ini juga dikunjungi saat tahun baru untuk melihat gemerlap lampu dari bangunan setinggi 88 lantai. Untuk bisa menikmatinya, Anda harus mengantre dan membeli tiket yang tersedia terbatas.

2. Langkawi Cable Car
Jika Anda suka liburan yang menantang dan menegangkan, cobalah untuk naik kereta gantung atau cable car di Langkawi. Cable Car ini berjalan menuju puncak gunung tertinggi kedua yang ada d Langkawi dengan ketinggian 709 meter di atas laut. Perjalanan di dalam cable car ini akan ditempuh sekitar 20 menit sepanjang 2,2 km.

Anda akan melihat hutan hujan tropis dan air terjun, bahkan saat cuaca cerah bisa melihat Indonesia di arah barat daya. Namun, Anda harus berjalan terlebih dahulu untuk menuju ke jembatan gantung ini. Tempat wisata populer di Malaysia ini berjarak 30 km dari kota Kuah atau 15 menit dari bandara International Langkawi.

3. Pulau Redang
Pulau Redang merupakan destinasi wisata alam untuk aktivitas berenang dan menyelam karena dilengkapi fasilitas snorkeling dan diving. Anda bisa menikmati keindahan biota laut yang airnya sangat jernih ini. Meski sedikit lebih mahal, pengalaman menyelam di spot-spot terbaik di pulau ini akan menjadi pengalaman berharga dan tak terlupakan.

4. The Habitat Penang Hill
Perjalanan menuju ke tempat wisata populer di Malaysia ini cukup unik karena harus naik kereta gantung dari kaki bukit Penang. Wisata ini cocok untuk liburan keluarga dan edukasi yang asyik bagi anak untuk melihat hutan, ragam flora dan laut. Banyak wahana yang bisa dicoba seperti The Canopy Walk yaitu berjalan di ketinggian melintasi hutan. Selain itu, ada juga wahana Butterfly Bank, Fragrance Garden dan The Red Garden.

5. Penang National Park
Jika ingin wisata yang gratis namun seru, Anda bisa mendaftarkan diri ke pengelola dan berkunjung ke Penang National Park. Di sini Anda bisa melihat ratusan spesies flora dan fauna, hutan bakau dan danau alami yang sangat cantik. Agar lebih seru, Anda bisa juga menginap atau berkemah di area wisata ini.

Tempat wisata populer di Malaysia ini juga menjadi tempat penangkaran penyu di pantai Kerachut dan pantai Kampi. Jika beruntung, Anda bisa melihat burung langka sedang bermigrasi, fenomena unik ini terjadi pada bulan September hingga April.

6. Gunung Mulu National Park
Wisata alam yang patut dikunjungi bagi penyuka trekking adalah Gunung Mulu National Park yang hanya bisa ditempuh menggunakan pesawat. Setelah itu Anda harus menyewa kendaraan lalu trekking atau berjalan-jalan ria. Tempat wisata ini merupakan salah satu jaringan gua terpanjang di dunia. Selain itu, juga terdapat ruang bawah tanah terpanjang di dunia bernama Sarawak Chamber.

Terdapat dua gua di sini, di Deer Cave Anda akan melihat sarang kelelawar menggantung 2 km di atas langit gua. Sedangkan di Cave of The Winds Anda akan melihat stalaktit dan stalagmit di langit-langit gua. Uniknya lagi, di antara kedua gua terdapat aliran sungai yang bisa ditelusuri dengan menaiki perahu mesin.

7. Genting Highland
Genting Highland merupakan tempat wisata populer di Malaysia yang dijuluki kota hiburan atau The City of Entertainment dengan beragam wisata. Lokasinya berjarak sekitar 51 km dari kota Kuala Lumpur dan bisa ditempuh dengan membeli tiket express bus sekali jalan. Anda juga bisa menyewa kendaraan, berhenti di Awana lalu naik kereta gantung untuk sensasi yang lebih seru menuju ke pundak.

Tempat ini juga tak kalah glamor layaknya Las Vegas dengan berbagai macam jenis hiburan yang ditawarkan. Di sini terdapat penginapan, restoran, kuliner khas Malaysia maupun internasional, wisata alam, taman bermain casino dan pusat perbelanjaan.

8. Kuil Kek Lok Si
Tempat wisata populer di Malaysia yang satu ini juga dikenal dengan nama Kuil Kebahagiaan Agung atau Temple of Supreme Bliss. Kuil ini disebut-sebut sebagai kuil Buddha terbesar di Asia Tenggara dengan gaya desain perpaduan budaya Cina, Burma dan juga Thailand.

Kuil ini terletak di daerah Penang, bangunan kuil ini masih difungsikan sebagai tempat ibadah, selain juga sebagai tempat wisata. Keunikan dari kuil ini adalah adanya bangunan pagoda yang terdiri dari 7 lantai dan patung Dewi Kwan setinggi 30,2 meter. Selain itu, patung Buddha yang ada di dalam kuil ini semuanya berjumlah 10 ribu dan terbuat dari pualam dan perunggu.

9. Gua Batu
Jika sebelumnya ada destinasi wisata tempat ibadah umat Buddha, maka ada pula tempat ibadah umat Hindu bernama Gua Batu. Tempat wisata populer di Malaysia bernama Batu Caves ini merupakan gua batu kapur, terdapat gua kecil dan 3 gua utama. Untuk memasuki gua, Anda harus menaiki 272 anak tangga yang unik dengan cat warna-warni, namun tetap waspada karena cukup curam.

Selama perjalanan Anda mungkin akan menemukan monyet berkeliaran yang iseng mengambil barang bawaan. Di depan tangga, terdapat patung besar Dewa Murugan setinggi 42,7 meter berlapis emas yang merupakan ikon tempat wisata ini. Di tempat ini juga diadakan Festival Thaipusam setiap tahunnya pada tanggal 21 Januari.

10. Legoland Malaysia
Tempat wisata populer di Malaysia yang terakhir adalah taman bermain anak-anak yaitu Legoland Malaysia. Taman bermain ini terdiri dari dua wahana utama yaitu Legoland Theme Park dan Legoland Water Park. Bangunannya di desain cukup unik seperti tumpukan lego dengan fasilitas permainan yang lengkap.

Nah, itulah beragam pilihan wisata di Malaysia yang cukup populer atau banyak dikunjungi oleh wisatawan. Semoga informasinya bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *