Tempat Wisata Populer di Yogyakarta

Afronta.org | Tempat wisata populer di Yogyakarta akan mengingatkan Anda bahwa kota ini memang kota wisata yang istimewa. Tidak hanya pada siang hari, wisata malam di Kota Yogyakarta memang gagal bikin move on.

Tempat Wisata Populer di Yogyakarta
Tempat Wisata Populer di Yogyakarta (Foto: instagram@mastib_38)

Jadi sangat tidak mengherankan bahwa kota padat ini semakin ramai karena banyak turis asing dan lokal yang berbondong-bondong menuju jogja. Bisa dibilang, wisata yang ditawarkan oleh Yogyakarta adalah nomer 2 soal kepopuleran di bawah Bali. Penasaran tempat wisata mana saja yang populer di Yogyakarta? Yuk simak di bawah ini ulasannya.

Daftar Tempat Wisata Populer di Yogyakarta

1. Candi Prambanan
Tempat wisata paling populer di Yogyakarta pertama adalah Candi Prambanan, yang terletak sejauh 17 km dari pusat Yogyakarta. Candi Prambanan merupakan salah satu candi milik umat hindu terbesar di Indonesia. Candi ini banyak memiliki relief yang menceritakan kisah Ramayanan dan Krishnayana.

Jika Anda datang ke Candi Prambanan pada malam hari, Anda bisa menyaksikan pertunjukkan Rama Shinta. Jika hari biasa, pertunjukkan ini digelar di dalam ruangan. Berbeda pada bulan purnama, di mana pertunjukkan selalu digelar diluar ruangan dengan latar belakang Candi Prambanan.

Tidak sulit mencapai objek wisata ini karena memang jaraknya yang tidak terlalu jauh dari pusat Kota Yogyakarta. Bagi Anda yang travelling ala backpacker, banyak kendaran umum yang bisa ditumpangi arah Candi Prambanan.

2. Pantai Parangtritis
Tempat wisata populer di Yogyakarta berikutnya adalah Pantai Parangtritis, yang merupakan pantai paling terkenal di Yogyakarta. Tidak heran banyak turis lokal dan asing memadati pantai ini saat musim liburan. Objek wisata ini sangat mudah dijangkau karena hanya berjarak 25 km dari pusat kota.

Pantai Parangtritis adalah jenis pantai yang memiliki ombak yang besar dan kuat, jadi sangat dilarang untuk mandi di pantai ini. Meski begitu pemandangan alam pantai yang dimiliki oleh pantai ini memang sangat indah. Jika tertarik, wisatawan juga bisa mencoba paralayang di Bukit Parangdong yang berada di sekitar Pantai Parangtritis.

3. Candi Borobudur
Tempat wisata paling populer di Yogyakarta selanjutnya adalah Candi Borobudur, salah satu candi yang bahkan sudah terkenal di seluruh dunia. UNESCO bahkan menetapkan candi ini sebagai situs warisan dunia.

Candi Borobudur merupakan candi Budha paling besar dan lengkap di dunia. Jika dilihat dari atas, bentuk candi ini layaknya bunga teratai yang merekah indah. Apalagi saat matahar terbit dan terbenam yang mana akan menambah keindahan dari objek wisata ini.

Candi Borobudur terletak 40 km barat pusat Kota Yogyakarta, cukup jauh namun tidak akan mengurangi antusiasme wisatawan. Karena candi yang memiliki 72 stupa ini memang menjadi tujuan utama turis, domestik ataupun mancanegara.

4. Pantai Indrayanti
Tempat wisata populer di Yogyakarta selanjutnya adalah Pantai Indrayanti. Pantai Indrayanti adalah salah satu pantai di Jogja yang paling populer setelah Pantai parangtritis. Pantai ini memiliki pasir putih yang khas pantai daerah selatan. Panorama alam dan view-nya juga sangat indah, belum lagi fasilitasnya yang lengkap yang menjadi daya tarik wisatawan domestik dan asing.

Yang lebih menarik, pantai ini lokasinya juga berdekatan dengan pantai Jogja lain yang tidak kalah indah dan populer. Misalnya saja Pantai Krakal, Pantai Sundak dan Pantai Pok Tunggal. Jadi turis bisa langsung menyelam sambil minum air atau satu kali dayung dua pulau terlampaui.

5. Pantai Ngalambor
Pantai Nglambor juga termasuk salah satu tempat wisata paling populer di Yogyakarta yang sayang jika dilewatkan. Tidak seperti pantai Jogja lain, di Pantai Nglambor menawarkan fasilitas snorkeling untuk menikmati terumbu karang dan biota laut lainnya. Di pantai ini juga terdapat laguna dan air pantai yang tenang ombaknya, jadi akan sangat aman untuk berenang.

Tidak cuma itu saja, Pantai Nglambor juga memiliki spot yang indah dan menarik untuk berfoto. Ada juga jemabatan tali yang bisa digunakan untuk menyeberang ke pulau kecil. Jangan coba kecuali Anda memang benar-benar memiliki nyali dan tekad sekokoh karang.

6. Pantai Pok Tunggal
Tempat wisata populer di Yogyakarta selanjutnya adalah Pantai Pok Tunggal, salah satu pantai paling indah di Kota Pelajar ini. Jika suatu saat berkesempatan berlibur ke Jogja, jangan lupa memasukkan pantai ini ke dalam daftar tempat wisata yang ingin Anda kunjungi.

Fasilitas yang dimiliki oleh Pantai Pok Tunggal ini memang tidak selengkap pantai lain yang lebih populer. Namun kesan asri dan alami inilah yang sedikit banyak menjadi daya tarik dari Pantai Pok Tunggal. Pemandangan yang ditawarkan pun tidak akan kalah dengan pantai-pantai di Jogja lainnya.

7. Jalan Malioboro
Tempat wisata populer di Yogyakarta selanjutnya adalah Jalan Malioboro, ruas jalan paling terkenal di Jogja. Bukan apa-apa, hanya saja di pinggir dua sisi jalan ini dipenuhi dengan pedangang kaki lima yang menjual barang dagangan dan aksesoris khas Jogja. Misalnya pakaian, kerajinan tangan hingga kuliner.

Jika Anda ingin menikmati wisata kuliner Jogja, maka bisa datang ke Jalan Malioboro setelah pukul 5 sore. Anda bisa menikmati kuliner khas Jogja yang ngangenin dan harganya terjangkau.

Pada malam hari, Jalan Malioboro seakan bersolek karena menjadi lebih indah berkali-kali lipat daripada siang hari. Mungkin karena binar lampu warna-warni yang menambah kesan eksotis dan semarak.

8. Pasar Beringharjo
Tempat wisata populer di Yogyakarta selanjutnya adalah Pasar Beringharjo, yang terletak di Jalan Malioboro. Pasar ini adalah pasar yang paling terkenal di kalangan turis jika ingin membeli oleh-oleh khas Jogja.
Beragam barang dijual di pasar ini, mulai dari barang antik, batik tradisional, uang kuno, bahan dasar jamu tradisional dan masih banyak lagi. Rasanya masih ada yang mengganjal kalau ke Jogja dan tidak mampir ke Pasar Beringharjo.

9. Benteng Vredeburg Yogyakarta
Tempat wisata populer di Yogyakarta selanjutnya adalah Benteng Vredeburg yang berada dekat dengan Jalan Malioboro tepatnya di depan Gedung Agung. Benteng ini sudah tidak aktif lagi dan beralih kegunaannya menjadi museum. Museum ini berisi diorama mengenai sejarah bangsa Indonesia, sangat cocok bagi Anda yang suka hal berbau sejarah.

10. Museum Ullen Sentalu
Tempat wisata paling populer di Jogja selanjutnya adalah Museum Ullen Sentalu yang terletak di Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Museum ini dibangun di atas tanah seluas 1,2 hektar dengan arsitektur yang unik. Banyak kelokan, undakan dan labirin yang harus dilalui sebelum sampai ruang pameran di bawah tanah.

Museum ini berisi tentang sejarah Kerajaan Mataram yang mana merupakan cikal bakal dari Kerjaan Yogyakarta dan Solo. Datang ke museum ini akan menambah wawasan Anda tentang sejarah besar tentang Yogyakarta dan kebudayaan Jawa.

Demikianlah ulasan tentang 10 tempat wisata populer di Yogyakarta yang wajib dikunjungi jika berlibur di kota ini. Masih banyak objek wisata lain yang tidak kalah indah dan menakjubkan. Namun list di atas lah yang paling populer dan sering dikunjungi oleh turis.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *